Loading...
Monday, April 22, 2013

Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2003

Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2003
SOAL OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) 2003 BIDANG MATEMATIKA SMP
HARI PERTAMA
1. Pola ABBCCCDDDDABBCCCDDDDABBCCCDDDD.... berulang sampai tak terhingga. Huruf apakah yang menempati urutan ke 2533?
2. Buktikan bahwa jika a > 2 dan b > 3 maka ab + 6 > 3d + 2b.
3. Diberikan persegipanjang ABCD dengan ukuran 16 cm x 25 cm, EBFG layang-layang, dan panjang AE = 5 cm. Tentukan panjang EF!
clip_image002
4. Perhatikan kumpulan pernyataan berurut berikut.
Diketahui bahwa x = 1.
Karena x = 1 maka x2 = 1.
Sehingga x2 = x. Akibatnya, x2– 1 = x – 1
(x – 1) (x + 1) = (x – 1) . 1
Dengan aturan pencoretan, diperoleh x + 1 = 1
1 + 1 = 1
2= 1
Pertanyaannya.
a. Kalau 2 = 1, maka setiap bilangan asli pasti sama dengan 1. Tunjukkan!
b. Hasil 2 = 1 adalah sesuatu yang tidak mungkin. Tentu ada yang salah di dalam argumen di atas? Dimanakah letak kesalahannya? Mengapa itu kamu anggap salah?
5. Untuk menghitung (1998)(1996)(1994)(1992)+16 , seseorang melakukannya dengan cara sederhana sebagai berikut: 20002-2x5x2000 + 52-5? Apakah cara yang dilakukan orang itu dapat dibenarkan? Mengapa?clip_image003
6. Untuk menarik minat pelanggan, suatu restoran penjual makanan cepat saji memberikan kupon berhadiah kepada setiap orang yang membeli makanan di restoran tersebut dengan nilai lebih dari Rp 25.000,-. Di balik setiap kupon tersebut, tertera salah satu dari bilangan-bilangan berikut: 9,12, 42, 57, 69, 21,15, 75, 24 dan 81. Pembeli yang berhasil mengumpulkan kupon dengan jumlah bilangan di balik kupon tersebut sama dengan 100 akan diberi hadiah berupa TV 21". Kalau pemilik restoran tersebut menyediakan sebanyak 10 buah TV 21", berapa banyak yang harus diserahkan kepada para pelanggannya?
7. Diketahui bentuk gambar di bawah berikut ini.
clip_image005
Titik-titik pusat lingkaran B, C, D, dan E diletakkan pada garis tengah lingkaran A dan garis tengah lingkaran B sama dengan jari-jari lingkaran A. Lingkaran C, D, dan E sama besar dan sepasang-sepasang bersinggungan di luar sehingga jumlah panjang garis tengah ketiga lingkaran tersebut sama dengan jari-jari lingkaran A. Bagaimanakah perbandingan keliling lingkaran A dengan jumlah keliling lingkaran B, C, D, dan E?
8. Diketahui a + b + c = 0. Tunjukkan bahwa a3 + b3 + c3 = 3abc !
HARI KEDUA
1. Diketahui bahwa a1 = 2, a2 = 3. Untuk k > 2 didefinisikan bahwa ak = 12 ak2 + 13 ak1Tentukanlah jumlahtakhingga dari a1 +a2 +a3 +...
2. Bilangan terkali adalah bilangan asli dalam bentuk dua digit diikuti oleh hasil kalinya. Sebagai contoh, 7 x 8 = 56, maka 7856 dan 8756 adalah bilangan terkali. 2 x 3 = 6, maka 236 dan 326 adalah bilangan terkali. 2 x 0 = 0, maka 200 adalah bilangan terkali. Sebagai catatan, digit pertama bilangan terkali tidak boleh 0.
a. Berapakah selisih antara bilangan terkali terbesar dan bilangan terkali terkecil?
b. Cari semua bilangan terkali terdiri dari tiga digit yang masing-masing digitnya merupakan bilangan kuadrat.
c. Diberikan "kotak-kotak" berikut yang harus diisi dengan bilangan terkali.
clip_image007
Tentakan isi dari kotak yang diarsir. Apakah isi ini merupakan satu-satunya?
d. Lengkapi semua semua kotak kosong di atas dengan bilangan terkali
3. Perhatikan gambar susunan tiga persegi di bawah.
clip_image009
Buktikan bahwa ∠ BAX + ∠ CAX = 45O
4. Buktikan bahwa (n — 1) n (n3 +1) senantiasa habis dibagi oleh 6 untuk semua bilangan asli n.
 
Download Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2003 :
Click Here to Download Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2003





































Description: Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2003
Rating: 5
Reviewer: Blank-on computer
ItemReviewed: Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2003

0 comments :

Post a Comment

 
TOP