Loading...
Monday, April 22, 2013

Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2007

Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2007
OLIMPIADE SAINS NASIONAL 2007
BIDANG MATEMATIKA SMP
Hari Pertama Soal 1.
Satu set kartu memuat 100 kartu yang masing-masing ditulisi bilangan dari 1 sampai dengan 100. Pada setiap dua sisi kartu ditulis bilangan yang sama, sisi pertama berwarna merah dan sisi yang lain berwarna hijau. Pertama-tama Leny menyusun semua kartu dengan tulisan merah menghadap ke atas. Kemudian Leny melakukan tiga langkah berikut ini:
I. Membalik semua kartu yang nomornya habis dibagi 2
II. Membalik lagi semua kartu yang nomornya habis dibagi 3
III. Membalik lagi semua kartu yang nomornya habis dibagi 5, namun tidak membalik semua kartu yang nomornya habis dibagi 5 dan 2.
Tentukan banyak kartu Leny sekarang yang bernomor berwarna merah dan menghadap ke atas!
Soal 2.
Hitunglah luas daerah dari tiga daerah setengah lingkaran yang beririsan seperti tampak pada gambar berikut.
clip_image002
1 Ax2 5
Soal 3. Diketahui bahwa x + = 7. Tentukan nilai A agar 4 2 = x x +x +1 6
clip_image003
clip_image004
Soal 4.
Ada 13 kado berbeda yang akan dibagikan semuanya kepada Ami, Ima, Mai, dan Mia. Jika Ami mendapat paling sedikit 4 kado, Ima dan Mai masing-masing mendapat paling sedikit 3 kado, dan Mia mendapat paling sedikit 2 kado, ada berapa banyak susunan kado yang mungkin diperoleh?
Soal 5.
Suatu bilangan asli disebut bilangan kuaprim jika memenuhi keempat syarat berikut.
(i) Tidak memuat angka nol.
(ii) Angka-angka penyusun bilangan itu berbeda.
(iii) Satu angka pertama dan satu angka terakhir merupakan bilangan prima atau bilangan kuadrat.
(iv) Setiap pasang angka berurutan membentuk bilangan prima atau bilangan kuadrat.
Sebagai contoh, kita periksa bilangan 971643.
(i) 971643 tidak memuat angka nol.
(ii) Angka-angka penyusun 971643 berbeda.
(iii) Satu angka pertama dan satu angka terakhir dari 971643, yaitu 9 dan 3 merupakan bilangan prima atau bilangan kuadrat.
(iv) Setiap pasang angka berurutan, yaitu 97, 71, 16, 64, dan 43 membentuk bilangan prima atau bilangan kuadrat.
Jadi 971643 merupakan bilangan kuaprim.
Carilah bilangan kuaprim 6-angka paling besar.
Carilah bilangan kuaprim 6-angka paling kecil.
Angka berapa yang tidak pernah termuat dalam sebarang bilangan kuaprim? Jelaskan.
Hari Kedua
Soal 6.
Empat bangun berbentuk layang-layang seperti gambar berikut (a > b , a dan b bilangan asli kurang dari 10) ditata sedemikian rupa sehingga membentuk persegi dengan lubang berbentuk persegi pula di tengah-tengahnya. Lubang berbentuk persegi di tengah-tengah tersebut memiliki keliling 16 satuan panjang. Berapakah keliling yang mungkin diperoleh dari persegi terluar yang terbentuk jika diketahui pula bahwa a dan b adalah bilangan-bilangan yang relatif prima.
clip_image006
Soal 7.
Jika a = 3p, b = 3q, c = 3r, dan d = 3s dan jika p, q, r, dan s adalah bilangan asli, berapakah nilai terkecil dari p.q.r.s yang memenuhi a2 + b3 + c5 = d7
Soal 8.
Ucok bermaksud menyusun suatu kode kunci (password) yang terdiri atas 8 angka dan memenuhi ketentuan berikut:
i. Angka yang dipakai adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9.
ii. Angka pertama yang dipakai adalah minimal 1, angka kedua minimal 2, angka ketiga-minimal 3, dan seterusnya.
iii. Angka yang sama bisa digunakan beberapa kali.
a) Berapa banyak password berbeda yang mungkin disusun Ucok?
b) Berapa banyak password berbeda yang mungkin disusun Ucok, jika ketentuan (iii) diganti dengan: tidak boleh ada angka yang digunakan lebih dari satu kali.
Soal 9.
Untuk sebarang bilangan bulat a, b, dan c berlaku:
a x (b + c) = (a x b) + (a x c).
a) Cari contoh yang menunjukkan bahwa:
a + (b x c) ≠ (a + b) x (a + c).
b) Kapan berlaku:
a + (b x c) = (a + b)x(a + c)?
Jelaskan jawaban Anda.
Soal 10.
Hasil survey terhadap N orang dengan pertanyaan apakah mereka memelihara anjing, burung, atau kucing dirumah adalah sebagai berikut: 50 orang memelihara burung, 61 orang tidak memelihara anjing, 13 orang tidak memelihara kucing, dan paling sedikit ada 74 orang yang memelihara paling sedikit dua jenis binatang di rumah. Berapakah nilai maksimum dan minimum dari nilai N yang mungkin?
 
Download Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2007 :
Click Here to Download Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2007
























































Description: Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2007
Rating: 5
Reviewer: Blank-on computer
ItemReviewed: Soal OSN Matematika SMP Tingkat Nasional 2007

0 comments :

Post a Comment

 
TOP